Cara Membuat Pivot Chart Terbaru dan Paling Mudah di Microsoft Excel, 10 Menit Langsung Bisa!
Cara Membuat Pivot Chart Terbaru dan Paling Mudah di Microsoft Excel, 10 Menit Langsung Bisa! - Buat kalian yang ingin bekerja di kantor atau akan memasukin dunia perkantoran maka salah satu hal penting yang kalian pelajari adalah Microsoft Excel. Nah di Ms. Excel ini mempunyai banyak sekali rumus yang harus kalian pelajari, gak cuman itu saja kalian juga dituntut harus bisa membuat grafik di Microsoft Excel contohnya adalah Pivot Chart.
Membuat Pivot Chat direkomendasikan sebagai salah satu media untuk menyajikan data. Ini karena setelah data disusun menjadi sebuah laporan berupa angka-angka biasanya hasil yang ditampilkan kurang menarik, Penyajian data dalam bentuk gambar maupun diagram tentunya dianggap lebih menarik untuk kebanyakan orang karena mudah untuk menganalisanya.
Berikut cara membuat Pivot Chart dengan mudah untuk Administrasi Perkantoran:
1. Pilih range tabel atau letakkanposisi sel aktifdi sembarang tempatdalam tebel.
2. Pilih tab Insert lalupilih tombolperintah PivotChart dalam grup Chart.
1. Tentukan jenis sumber data yang akan dioperasikan. Sebagai contoh, gunakan pilihan Select A Table Or Range. Kemudian letakkan pointer pada bagian Table/Range, dan blok range sel yang akan dijadikan sebagai sumber daya tabel pivot, yaitu: A1:F37.
2. Tentukan lokasi worksheet tujuan untuk meletakkan hasil pembentukan PivotChart. Sebagai contoh, gunakan pilihan New Worksheet. Klik Ok sehingga kerangka PivotChart akan terbentuk pada sebuah worksheet baru sepertiyang tampak pada gambar dibawahini.
3. Setelah kerangkaPivotChart terbentuk, selanjutnya aturlah layout PivotChart. Dalam jendela PivotChartField List,pilihfield – field tabel yang akan dimasukkan dalam PivotChart dan atur pula posisinya, yaitu dengan cara menggeser field dari bagian Choose Field To Add To Report ke area – area lain.
4. Sebagai contoh,atur layout (tata letak) field dengan ketentuandibawah ini:
- Geser field Sales kearea Report Filter.
- Geser field Bulan kearea Axis Fields (Categories).
- Geser field Daerah kearea Legend Fields (Series).
- Geser field Unit ke area Values.
7. Perhatikan hasilpembentukan PivotChart di bawah ini:
Menyaring Data Dengan Report Filter
Gunakanfasilitas Report filter untuk menampilkan sebagian dari data – data yang dimiliki oleh tabel pivot. Report filter ini akan sangat bermanfaat dalam membantu dalam membacadan mengolah tampilandata tabel yang berukuran sangat besar. Untuk hanya menampilkan data penjualan triwulan pertama pada daerah tertentu. Langkah – langkah yang dilakukan adalah:
1. Klik anak panahpada sel report filter dalam tabel.
2. Kerjakan salah satu perintahdibawah ini:
Ø Untuk hanya menampilkan item tunggal / Single Item. Sebagaicontoh: untuk menampilkan data penjualan untuk salah satu orang sales yaitu Andre. Klik tanda panahpada Report Filter, kemudian pilihnama sales yaitu Andre
.
Ø Untuk hanya menampilkan Multiple Item. Sebagai contoh: untuk menampilkan data penjualan untuk salah satu orang sales yaitu Andre dan Chandra. Klik tanda panah pada Report Filter, kemudian pilih nama sales yaitu Andredan Chandra.
Untuk melakukan filter data terhadap PivotChart, selain dengan menggunakan fitur Report Filter, dapat juga memanfaatkan fitur yang sudah terdapat pada Chart yang dihasilkan. Sebagai contoh: tampilkan PivotChart untuk data penjualan dengan kriteria sebagai berikut:
a. Data penjualan untuk sales bernama Dedy dan Bagus.
b. Data penjualan untuk daerah Magetan dan Madiun.
c. Data penjualan untuk bulan Januari dan Maret Sehingga dapat dilakukan dengan cara:
1. Klik pada Report Filter, kemudian pilih nama salesman atas Dedy dan Bagus.
Post a Comment for "Cara Membuat Pivot Chart Terbaru dan Paling Mudah di Microsoft Excel, 10 Menit Langsung Bisa!"